Sedikit kata

Semua Akan Indah Pada Waktunya

--9 Agustus 2019--

17 May, 2016

Perpustakaan dan Aplikasi Penyedia Buku Elektronik


Bagaimana dengan nasib perpustakaan?

Perkembangan gadget kini mengakibatkan banyak orang atau lembaga yang membuat aplikasi yang memiliki kemampuan yang memungkinkan pengguna gadget untuk memperoleh buku dan membacanya melalui gadget. Aplikasi tersebut ada yang berbayar ataupun gratis.
Untuk pengguna android tentu banyak yang tahu mengenai aplikasi "Google Play Book". Dengan aplikasi ini kita dapat membaca buku baik yang gratis maupun berbayar. Lalu adalagi aplikasi yang dikeluarkan oleh Indosat Ooredoo yaitu Bookmate yang menyediakan hampir 500.000 buku yang kebanyakan tersedia secara gratis. adalagi Amazon Kindle dengan fitur yang sama. 
Begitu mudahnya orang untuk memperoleh bacaan hanya dari genggaman. 
Bagaimana dengan perpustakaan? Perpustakaan perlu berbenah dan mau tidak mau harus mampu menyediakan koleksi secara elektronik seperti yang dilakukan oleh aplikasi seperti di atas. Mungkin tidak mudah dan juga berhubungan dengan hak cipta. 
Perpustakaan harus melayani secara gratis kepada pengguna. Mungkin ini yang menjadikan perpustakaan susah untuk melangkah. Semoga ada kebijakan yang bersahabat kepada perpustakaan agar menjadi lebih baik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

No comments:

Post a Comment